Beranda Siantar Wakil Walikota Hefriansyah Apresiasi IPSM Dampingi Warga Miskin

Wakil Walikota Hefriansyah Apresiasi IPSM Dampingi Warga Miskin

7
BERBAGI
Wakil Wali Kota Hefriansyah Didampingi Sejumlah Pimpinan SKPD Saat Berfoto Bersama IPSM Siantar, pada Selasa (11/04/2017).

Siantar, SiantarKotaNews.id – Wakil Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, mengapresiasi kinerja Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), yang tetap maksimal bekerja tanpa pamrih guna membantu dan memfasilitasi kaum miskin meski tanpa honor. Apalagi, bidang yang selama ini ditangani IPSM sangat luas, sementara anggarannya terbatas.

Hal tersebut disampaikan Hefriansyah, saat menerima Pengurus IPSM Kota Pematangsiantar, dipimpin Ketuanya, Royani Harahap bersama perwakilan Dinsos P3A, Selasa pagi (11/04/2017) di ruang kerjanya, Balai Kota Pematangsiantar. Saat melakukan pendampingan di lapangan, IPSM bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A).

“Kedepan, mari kita tingkatkan kemitraan yang sinergis dalam rangka pemberdayaan kaum miskin. Kita harus cari terobosan, termasuk menggalang dana dari pemerintah pusat, mengingat terbatasnya anggaran pada APBD kita. Saya yakin, IPSM dengan berbagai elemen yang tergabung di dalamnya, yang selama ini telah bekerja sebagai pendamping masyarakat bisa memahaminya,” ujar Hefriansyah yang didampingi Kepala Bappeda, Midian Sianturi, Asisten II, M. Akhir Harahap, Staf Ahli Walikota, Pardamean Silain, Kepala BKD, Zainal Siahaan dan Plt. Kabag Humas Jalatua Hasugian.

Sementara itu, Royani Harahap memaparkan, pihaknya selama ini kewalahan menangani warga yang termasuk dalam 24 item Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Apalagi, kondisi pendanaan yang sangat terbatas. Namun begitu, pihaknya tetap mengupayakan pendampingan, motivasi ataupun advokasi kepada warga PMKS, karena lembaganya bertugas dalam bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Selama ini, mereka juga telah mengupayakan berbagai hal untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat, termasuk bantuan dalam bentuk program kegiatan, khususnya bagi warga miskin yang tak mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

“Mudah-mudahan, tahun ini kita bisa mendapatkan bantuan pusat, untuk bedah rumah sebanyak 90 unit di Kota Pematangsiantar ini,” katanya.

Bersama pengurus Taruna Siaga Bencana (Tagana), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Royani mengungkapkan bahwa mereka yang tergabung dalam IPSM dalam waktu dekat akan melakukan reorganisasi kepengurusan. Karena sebagian besar diantaranya telah berada di luar kota, yang tidak memungkinkan lagi untuk bisa aktif.

“Kami mohon kiranya bapak Wakil Walikota berkenan nantinya untuk meng-SK-kan sekaligus melantiknya,” tandasnya. (Red) 

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: