Beranda Olahraga Misi Portugal Jadi Juara Eropa di Prancis

Misi Portugal Jadi Juara Eropa di Prancis

6
BERBAGI
Foto: REUTERS/Rafael Marchante

SiantarKotaNews – Portugal pernah sempat dekat dengan trofi Piala Eropa sebelum dikandaskan Yunani. Oleh karenanya rasa penasaran itu ingin dituntaskan di Prancis tahun ini.

Tepatnya pada saat Portugal jadi tuan rumah pada 2004, mereka berhasil melaju hingga final dan berhadapan dengan Yunani, lawan yang mengalahkan mereka di laga pembuka turnamen tersebut.

Punya hasrat membalas kekalahan tersebut, Portugal justru kembali dibuat bertekuk lutut usai kalah 0-1 dari Yunani lewat gol Angelos Charisteas. Tak ada pesta di Lisbon saat itu dan publik pun tentu ingat jelas bagaimana Cristiano Ronaldo muda saat itu menangis sesengukan.

Bertahun-tahun setelah itu, Portugal selalu mencoba cara untuk membayar tuntas kekecewaan mereka kala itu. Tapi upaya itu selalu gagal termasuk empat tahun lalu saat disingkirkan Spanyol di semifinal lewat drama adu penalti.

Di tahun ini, Portugal kembali melaju ke putaran final Piala Eropa untuk lima edisi beruntun dan mereka pun masih jadi salah satu favorit juara di samping tim-tim seperti Jerman, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Kini tinggal bagaimana Portugal bisa menjaga ekspektasi publik itu lewat penampilan apik di atas lapangan. Kemenangan 7-0 atas Estonia di laga pemanasan terakhir bisa jadi modal bagus untuk memicu mental Ronaldo dkk.

“Saya yakin bawah Portugal punya ambisi untuk melaju ke final dan bisa menjadi juara. Saya sudah katakan itu tiga bulan lalu,” ujar pelatih Portugal, Fernando Santos, seperti dikutip Soccerway.

“Kepercayaan diri ini datang dari apa yang telah pemain lakukan dan inilah yang membuat saya yakin,” sambungnya.

“Tapi laga ini (lawan Estonia) itu berbeda, kami harus melupakannya dan kini kami pergi ke Prancis untuk mempersiapkan diri menghadapi laga lain yang lebih penting.”

“Tentu saja menang dengan selisih tujuh gol itu bagus, menyenangkan. Tapi apakan itu memompa kepercayaan diri kami?”

“Tim saya sangat percaya diri tapi mereka mereka tetap meredah, dan bagi saya yang paling penting adalah tim saya tidak menganggap diri mereka yang terbaik,” tutupnya.

Portugal tergabung di Grup F ajang Piala Eropa 2016. Mereka akan bersaing dengan Islandia, Austra dan Hongaria. Islandia akan jadi lawan pertamaSeleccao Das Quinas pada 14 Juni mendatang. (mrp/fem)

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: