Beranda Sumatera Utara Tebing Tinggi Tebing Tinggi Raih Adipura Buana dan 2 Piala Adywiyata

Tebing Tinggi Raih Adipura Buana dan 2 Piala Adywiyata

BAGIKAN
Piala Adipura Buana dan 2 Piala Adywiyata yang diraih SMAN 4 dan SMKN 4 usai diarak diserahkan kepada Wali Kota Tebingtinggi di Lapangan Merdeka

Tebing Tinggi, SiantarKotaNews – Ribuan siswa dan warga Kota Tebingtinggi berjajaran di pinggir jalan menyambut Piala Adipura Buana dan 2 Piala Adywiyata yang diraih Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 4 yang diarak mulai perbatasan Kota Jalan Soekarno-Hatta menunju titik kumpul Lapangan Merdeka Jalan Sutomo, Sabtu (23/7/2016).

Piala Adipura yang dipegang 5 petugas kebersihan (penyapu jalan) Dinas kEbersihan dan Pertamanan (DKP) Tebingtinggi  setibanya di Lapangan Merdeka diserahkan kepada Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, selanjutnya diangkat bersama-sama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tebingtinggi.

Keberhasilan itu memperoleh sambutan meriah dari para pemerhati lingkungan dan kebersihan. Acara penyambutan Piala Adipura kali ini dirangkai dengan peringatan Pekan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016.

Wali Kota Umar Zunaidi membacakan amanat tertulis dari Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya yang mengangkat thema “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Langka untuk Kehidupan, menyesuikan dengan thema Hari Lingkungan Hidup se Dunia “Go Wild For Life”.

Berkaitan dengan Adipura, Umar menyampaikan ucapan terima kasih pada semua komponen masyarakat Tebingtinggi tanpa kecuali, yang dengan semangat dan partisipasi tinggi ikut berperan dalam mensukseskan keberhasilan meraih penghargaan itu untuk kedua kalinya.

Apresiasi istimewa untuk Polres Tebingtinggi dan Koramil 13 serta aparat lainnya, yang dengan secara aktif personilnya membantu serta melaksanakan berbagai kegiatan menjadikan Tebingtinggi lebih baik dan maju.

“Berbagai prestasi sudah kita peroleh, Kota Layak Anak, Kota Sehat, Keselamatan Kerja dan banyak perhargaan lainnya. Dan Insya Allah, Agustus 2016 kita akan menerima Piala Wahana Tata Nugraha bidang ketertiban lalu lintas, itu pertanda masyarakat Tebingtinggi tertib dalam berlalu lintas,” ujar Umar.

Menurutnya, dengan kebersamaan antara Pemko Tebingtnggi, komponen masyarakat dan segenap stake holder semua dapat diraih dan ini akan terus dittingkatkan. “Insya Allah pada  2017 Kota Tebingtinggi  bisa mempertahankan semua prestasi yang sudah diraih,” paparnya.

Dalam acara Pekan Hari Lingkungan Hidup dan penerimaan Piala Adipura ini juga dilangsungkan pembukaan pameran hasil karya dari kelompok-kelompok pencinta lingkungan menggunakan barang bekas, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati.

Kegiatan dihadiri unsur FKPD, Ketua Pengadilan Agama, Wakil Ketua DPRD, Hazli Azhari Hasibuan, Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar, Sekdako, Johan Samose Harahap, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Lurah serta kepala sekolah SD,SMP dan SMA se Kota Tebingtinggi.

Sebelumnya Wali Kota, Umar Zunaidi telah mempresentasikan kondisi Kota Tebingtinggi  di depan tim penilai Adipura di Jakarta. Hasilnya Tebingtinggi berhasil meraih 1 dari 5 kategori Adipura yang diberikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH).

Adipura Buana, merupakan penghargaan dari Kementerian KLH untuk daerah atau kota yang pemerintahnya berhasil menggabungkan unsur sosial dan lingkungan dalam membentuk kota yang layak huni. Ini tercermin pada peran serta masyarakat yang peduli pada lingkungan.

Tahun 2016 ini penghargaan Adipura dibagi menjadi 5 kategori yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti dan Adipura Paripurna. Sedangkan sebelumnya penghargaan kota terbersih ini hanya dibagi dalam 2 kategori yakni Adipura dan Adipura Kencana.(hetanews)

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:
loading...
Loading...