Beranda Sumatera Utara Simalungun Pengerjaan Proyek PSDA Simalungun Minim Pengawasan

Pengerjaan Proyek PSDA Simalungun Minim Pengawasan

BAGIKAN
Warga menunjukkan lokasi pengerjaan proyek irigasi di Nagori Bangun Rakyat. (Foto : Dani)

Simalungun, SiantarKotaNews – Pelaksanaan proyek tahun 2016 di Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Simalungun sepertinya minim pengawasan, sehingga diragukan kualias pengerjaannya.

Seperti pengerjaan saluran irigasi dibawah pengawasan Dinas PSDA Simalungun di Dusun Parbatuan Nagori Bangun Rakyat, Kecamatan Panei, disinyalir dikerjakan asal jadi. Hal itu jelas terlihat selain pemasangan batu tanpa pondasi, diduga batu yang digunakan batu bekas dari tembok sebelumnya.

Plank proyek juga tak ada ditemukan di sekitar lokasi pengerjaan, sehingga sulit mengetahui pihak pelaksana, sumber anggaran dan jangka waktu pengerjaannya. Ini juga menjadi bukti tidak adanya transparasi dalam pelaksanaan proyek itu.

Salah seorang warga marga Damanik saat dijumpai hetanew, Jumat (24/6/2016) menyebutkan, kebocoran di saluran irigasi itu hanya 1 – 5 meter. Namun yang harus dirobohkan dan dibangun kembali hingga 47 meter.

“Selain itu, kami warga di sini juga gak tau siapa yang mengerjakan proyek itu. Padahal sebenarnya ada yang lebih parah  lagi dari itu. Memang aliran airnya pun mengalir kemari dan di sini malah lebih parah rusaknya,” ucap Damanik.

Dia juga menuturkan, sebelumnya sejumlah warga telah mengirimkan permohonan dengan mengumpulkan sejumlah tanda tangan sekira dua bulan yang lalu. Namun hingga saat ini permohonan perbaikan saluran irigasi yang rusak parah itu belum juga teralisasi, justu yang sedikit kerusakannya dikerjakan terlebih dulu.

Sementara Kepala UPTD PSDA Kecamatan Panei, R Girsang hingga berita ini ditulis belum dapat dikonfirmasi wartawan terkait pengerjaan proyek di Nagori Bangun Rakyat tersebut.(dr/hetanews)

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:
loading...
Loading...