Beranda Sumatera Utara Medan Barang-Barang Antik Asal Tiongkok Dikoleksi Jimmy Lassang Siahaan

Barang-Barang Antik Asal Tiongkok Dikoleksi Jimmy Lassang Siahaan

BAGIKAN
Berbagai koleksi benda peninggalan pedagang Tiongkok koleksi Jimmy Lassang Manahara Siahaan di rumahnya jalan Suprapto Nomor 11 Medan, Sabtu (11/6/2016).

Medan, SiantarKotaNews – Sejarah Indonesia tidak lepas dengan kedatangan para pedagang Tiongkok di berbagai kawasan di Indonesia. Jejak para pedagang Tiongkok ini pun turut terekam oleh koleksi benda antik Jimmy Lassang Manahara Siahaan.

Jimmy Lassang Manahara Siahaan

Berbagai benda peninggalan Tiongkok terlihat cukup awet di tangan Jimmy Lassang Manahara Siahaan. Dirinya mengakui bahwa benda peninggalan pedagang Tiongkok yang ia koleksi berusia lebih kurang 200 tahun.

Barang-Barang Koleksi Milik Jimmy Lassang Siahaan

“Saya punya koper brankas yang digunakan pedagang tiongkok pada tahun 1800an, saya beli di Surabaya tahun 1990 dulu harganya Rp 1 juta.

Kedua, sepasang Patung Barong usia sekitar 200 tahun, saya beli di Malang tahun 1980an seharga Rp 20 juta. Ada juga Guci telor asin Tiongkok, Ember kayu Tiongkok dan lampu kapal Tiongkok tapi saya lupa tahun dan harga belinya berapa,” ujarnya kepada www.tribun-medan.com.

Barang-Barang Koleksi Milik Jimmy Lassang Siahaan

Jimmy Lassang juga mengatakan tidak tahu berapa dana yang sudah ia keluarkan untuk mengoleksi ribuan benda antik ini. “Saya sudah lupa berapa uang yang sudah keluar untuk hobi saya ini.

Nilai rupiah setiap tahunnya juga terus berubah. Tapi saya pernah hitung tahun 1990 saya habiskan dana sekitar Rp 2 Miliar untuk benda-benda antik ini. Sekarang tahun 2016 sudah tidak pernah hitung lagi,” kata Jimmy Lassang Manahara Siahaan.(cr2/ tribun-medan.com)

Tonton Video Ini untuk menambah pengetahuanmu tentang Kota Medan:
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:
loading...
Loading...