Beranda Siantar Buka MTQ Siantar Sitalasari Ke-X, Hefriansyah : MTQ Bukan Sekedar Kompetisi, Tapi...

Buka MTQ Siantar Sitalasari Ke-X, Hefriansyah : MTQ Bukan Sekedar Kompetisi, Tapi Syiar Agama

7
BERBAGI
Hefriansyah Saat Membuka MTQ Kecamatan Sitalasari, pada Kamis (13/04/2017)

Siantar, SiantarKotaNews.id – Kecamatan Siantar Sitalasari menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke X dengan sejumlah perlombaan yang dibuka Wakil Walikota, Hefriansyah, Kamis sore (13/04/2017) di  Halaman Masjid Nurul Huda, Blok III, Kelurahan Bah Sorma.

Pembukaan MTQ ditandai pemukulan beduk secara bergantian, diawali oleh Wakil Walikota, Kakan Kemenag Pematangsiantar, Abdrur Rahman Harahap, Ketua LPTQ H.Ahmmad Ridwan Syah, yang disaksikan masyarakat kelurahan Bah Sorma, para SKPD, Danramil, Kapolsek, serta tokoh masyarakat, pemuda serta para Lurah Se-Kecamatan Siantar Sitalasari.

Dalam sambutannya, Hefriansyah mengingatkan, sejatinya bukan soal kompetisi atau siapa pemenang yang jadi sasaran utama pelaksanaan MTQ. Kompetisi hanya merupakan wahana untuk pendidikan serta pembinaan, sekaligus syiar agama kepada masyarakat. Sehingga tidak ditemukan lagi ada generasi muda Islam yang tidak faham aksara Arab, bahkan tak bisa membaca Al-Qur’an.

“Karena itu, kita harapkan agar para qori dan qoriah  merupakan warga di sini, bukan cabutan dari luar daerah demi mengejar kemenangan. Karena yang paling utama dari kegiatan MTQ ini adalah bagaimana generasi muda kita bisa makin terbiasa membaca Al-Qur’an, memahami isinya serta mau mengamalkan dalam kehidupannya sehari-hari,” tegasnya.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Pematangsiantar, H.Ahmad Ridwansyahputra, mengatakan, MTQ sangat berperan membangun silaturahim serta mendidik generasi muda dalam rangka meningkatkan pemahamannya tentang Al-Qur’an sekaligus melatih mereka untuk mengamalkannya dalam kehidupannya.

Hal senada dikemukakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, H. Abdurrahman Harahap ketika didaulat memberikan sambutan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat positif dalam rangka membangun masyarakat yang religius, beradab serta berkemajuan. MTQ ini juga diharapkan mampu menyaring berbagai pengaruh teknologi informasi yang pesat saat ini, agar sesuai dengan peradaban budaya dan agama yang ada di Indonesia,” tandasnya.

Camat Siantar Sitalasari, Irwansyah Saragih mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar dan masyarakat yang telah memberikan dukungan dan partisipasi aktif, baik moril maupun materil sehingga MTQ Siantar Sitalasari ini dapat berjalan sukses dan sesuai dengan harapan. “Semoga acara dapat berjalan dengan aman dan tertib dari awal sampai akhir,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Suradi,S.Sos.I melaporkan, MTQ ini diikuti 143 orang peserta yang terbagi dalam tiga perlombaan: Mujawwad, Hifzil Qur’an, dan Khattil Qur’an dari 5 Kelurahan yang ada di Siantar Sitalasari. Sebelum acara pembukaan, digelar Pawai Ta’aruf yang dilepas Plh.Walikota serta diikuti seluruh peserta yang diiringi Drum Band. Pada kesempatan itu Camat Siantar Sitalasari berkenan melantik Dewan Hakim dan dibaia oleh KUA Kecamatan Siantar Sitalasari. (Red)